Pages

Jumat, 11 Mei 2012

Singleton_pattern

Nim :1108100268


Pattern ini merupakan pattern yang paling sederhana di antara pattern-pattern yang lain. Hanya membutuhkan satu kelas pada class diagram. Ok, langsung saja. Ini definisi dari Singleton Pattern:
Singleton Pattern memastikan suatu kelas hanya terdapat satu instance dan kelas tersebut menyediakan akses ke instance itu.
Hah? Hanya satu instance? Satu objek? Kita capek-capek membuat kelas, hanya bisa di-instance sekali?
Yap. Ada banyak situasi dimana kita hanya membutuhkan satu objek. Misalnya, objek yang berfungsi sebagai driver dari suatu device seperti printer. Apa jadinya bila lebih dari satu? Pernah lihat pesan yang menampilkan drivers conflict. Yeah, sort of it.
Faktanya, banyak lagi tipe objek yang jika di-instance-kan lebih dari satu menyebabkan terjadinya masalah seperti penggunaan resource yang tidak normal, behavior program yang tidak benar, dan hasil yang tidak konsisten.
Sekarang, kita lihat saja kelas Singleton berikut:
01

public class Singleton {
02 private static Singleton myInstance;
03
04
// atribut yang lain
05
06 private Singleton() {
07
08
}
09
10 public static Singleton getInstance() {
11 if (myInstance == null) {
12 myInstance = new Singleton();
13
}
14 return myInstance;
15 }
16
17 // method yang lain
18 }

Sekarang, pertanyaannya, apa artinya kode di atas? Kenapa kode tersebut bisa memunculkan efek Singleton?
Kita coba uraikan kode di atas. Dimulai dengan constructor berikut:
1

private Singleton() {
2


3

}
Hmmm…private constructor? Di Java, kita buat objek baru minimal dengan menuliskan statement new SomeObject(). Nah, tanda kurung di belakang SomeObject menyatakan: sebelum membuat objek baru, kita panggil constructor-nya.
Tapi…, bagaimana kalau kelas kita tidak punya constructor? See, I don’t have a constructor, so I don’t need to invoke constructor. Meskipun kelas kita tidak mempunyai constructor, JVM menambahkan default-nya untuk kita:
1 public SomeObject() {
2
3 }
Jadi, kelas kita pasti ada constructor-nya, biarpun kita tidak menuliskannya secara eksplisit.
Sekarang, apa artinya modifier private pada constructor? Yap, memang tidak seperti constructor kebanyakan yang menggunakan public. Private di sini berarti hanya kode yang sekelas dengan constructor yang dapat mengakses constructor ini. Tidak ada yang bisa mengaksesnya di luar kelas. Dengan kata lain, tidak ada yang bisa mengeksekusi statement “new” di luar kelas, karena kita tidak bisa mengakses constructor-nya.
Jadi, kelas Singleton di atas tidak bisa di-instance-kan?
Nope, bisa, asal di-instance-kan di dalam kelas Singleton.
Sekarang, kita telusuri lagi kelas Singleton, dan menemukan snippet kode seperti ini:
1 public static Singleton getInstance() {
2 if (myInstance == null) {
3 myInstance = new Singleton();
4 }
5 return myInstance;
6 }
Method getInstance() di atas bertipe static. Dengan bertipe static menjadikan method tersebut hanya terdapat satu saja di antara instance-instance. Karena static method hidup di kelas, dan bukan di instance-instance. Berbeda dengan constructor yang private, method ini bersifat public sehingga bisa dipanggil di luar kelas Singleton. Dan karena bertipe static, method tersebut kita panggil dengan mengkualifikasikan nama kelas dan nama method seperti ini:
1
Singleton.getInstance()
Method getInstance()
menyediakan cara bagi kita untuk meng-instance-kan kelas Singleton dan mengembalikan instance tersebut.
Jika myInstance null, artinya kita belum membuat instance. Kemudian, kita meng-instance-kan Singleton melalui private constructor-nya dan meng-assign instance ini ke myInstance. Ini bisa dilakukan karena kita meng-instance-kan di dalam kelas Singleton. Atribut myInstance ini bertipe static juga, karena instance kita merupakan satu-satunya instance kelas Singleton.
Jika myInstance tidak null, artinya kita sudah mempunyai instance, dan instance tersebut yang akan dikembalikan ke kita.
Jadi, kita masih bisa membuat instance dari kelas Singleton. Tapi, hanya satu. Tidak lebih! Karena itulah yang kita harapkan dari Singleton pattern ini.

0 komentar:

Posting Komentar