Pages

Kamis, 24 Januari 2013

Install Ubuntu 12.04 menggunakan CD

Install Ubuntu 12.04 menggunakan CD

Sudah lama tidak update Ubuntu, saya coba cek Ubuntu terbaru, ternyata sudah Ubuntu 12.04! Sungguh tertinggal komputer ini.
Disini kita akan mencoba install Ubuntu 12.04 menggunakan CD. Sebelumnya, kita download file ISO Ubuntu 12.04 di sini : Ubuntu 12.04. Setelah selesai download, mount menggunakan Ultra ISO atau software lainnya lalu copy ke cd kosong dan burning. Isi dari file ISO tersebut dapat dilihat di gambar di bawah ini.
install ubuntu 12.04
Setelah kita burning ke CD, kita bisa langsung restart komputer kita untuk melakukan instalasi Ubuntu. Pada umumnya, CD yang tadi di burning bootable, yaitu bisa langsung melakukan instalasi Ubuntu. Akan tetapi jika ada kendala yaitu CD tidak bisa bootable, kita harus kembali masuk ke windows.
Mount kembali file ISO tadi, lalu jalankan file wubi.exe hingga tampil gambar berikut.
install ubuntu 12.04
Pilih “Demo dan Instalasi Penuh”
install ubuntu 12.04
Pada pilihan ini, pilih pilihan paling bawah ” Bantu saya agar dapat boot dari CD”, tekan tombol “Selesai”
install ubuntu 12.04
Selanjutnya tekan tombol “Pasang” sampai muncul proses pemasangan, dan tunggu hingga selesai.
install ubuntu 12.04
Setelah selesai, kita restart kembali komputer kita. Ketika booting kembali, akan ada pilihan menu OS, pilih “Ubuntu” dan pada tampilan berikutnya, pilih “Normal Mode” sampai kita masuk ke OS Ubuntu.
Setelah masuk ke OS Ubuntu, akan ada icon di desktop dengan nama “Instalasi Penuh”, klik icon tersebut.
Ketika muncul window proses instalasi, lakukan instruksinya. Kita bisa melihat cara instalasinya di http://www.ubuntu.com/download/help/install-ubuntu-desktop. Maaf tidak disertakan langsung disini, karena ribet harus coba-coba lagi :D
Oke, ketika Ubuntu 12.04 terinstall di komputer kita, komputer akan langsung eject CD-ROM dan restart. Kita ambil CD yang ada di CD-ROM.
akan ada tampilan menu OS, kita pilih Ubuntu 12.04 yaitu di pilihan menu paling atas.

Menghapus pilihan menu OS

Lalu jika kita ingin masuk kembali ke OS windows, akan ada pilihan OS yang tadi sebelum kita install Ubuntu, dimana ada penghitung waktu mundur. Merasa ribet alias terganggu dengan tampilan ini? Jika merasa ingin menghapus pilihan menu yang kedua, kita masuk dulu ke Windows.
Kilik kanan di My Computer, Pilih “Properties”
install ubuntu 12.04
Setelah itu akan muncul tampilan berikut.
install ubuntu 12.04
Pilih “Advanced system settings”
install ubuntu 12.04
Pilih Tab “Advanced” dan di bagian “Startup and Recovery”, tekan tombol “Settings..”
install ubuntu 12.04
Pada pilihan combobox “Default operating system”, pilih “Windows 7″ (OS default yang ingin kita pilih)
Pada checkbox dibawahnya ada option “Time to display list of operating system:” uncheck option/pilihan ini (jangan dichecklist).
diperhatikan : jangan uncheck (tidak dichecklist) ketika “Default operating system” yang dipilih adalah SELAIN “Windows 7″. Hal ini akan mengakibatkan kita tidak bisa masuk ke OS Windows lagi.
Setelah semua selesai, silahkan restart dan coba lagi. Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar